Pengertian Partai Politik Beserta Definisi Partai Politik

Alifmiqbal

Alifmiqbal

Content Writer

Pengertian Partai Politik Beserta Definisi Partai Politik
Daftar Partai Politik Peserta Pemilu 1955 ‎(Sumber: Wikipedia)

Pembahasan kali ini adalah mengenai pengertian partai politik beserta definisi dari partai politik. Karena, partai politik merupakan instrumen penting dalam sistem negara modern. Dalam sistem demokrasi, partisipasi rakyat merupakan hal yang wajib dan rakyat memilih para wakil rakyat melalui pemilihan umum. Bentuk partisipasi rakyat inilah yang mencirikan tingkat demokrasi suatu negara.

Sebelum membahas lebih jauh, sekiranya apa jawaban dari beberapa pertanyaan berikut?

  1. siapa yang menentukan para calon-calon wakil rakyat dan calon pejabat publik lainnya yang akan dipilih langsung oleh rakyat?
  2. Dari sisi pembuat undang-undang, bagaimana caranya menangkap apa yang menjadi tuntutan rakyat kalau tidak diutarakan dengan baik dan sistematis?
  3. Bagaimana caranya menentukna yang mana tuntutan publik dan bukan hanya tuntutan segelintir individu?
  4. Bagaimana mengkompromikan berbagai tuntutan yang saling bertentangan?

Jawaban dari berbagai pertanyaan tersebut merupakan tugasnya Partai Politik. Partai politik merupakan ciri dari sistem pemerintahan modern, semua negara baik itu negara dengan kategori demokratis ataupun tidak, pasti memiliki partai politik meski hanya satu partai atau beberapa partai tapi cuma formalitas yang menang cuma partai itu-itu saja.

Logo Partai Buruh Korea Utara
Logo Partai Buruh Korea Utara, salah satu Partai di Korut, partai ini selalu menang Pemilu Korut ‎(Sumber: wikipedia)

Definisi Partai Politik

Berikut adalah pendapat dari beberapa tokoh mengenai definis partai politik dan pentingnya partai politik dalam sistem pemerintahan modern.

‎Tidak ada negara merdeka tanpa partai

  • (James Bryce, 1888)

Demokrasi modern tidak dapat dibayangkan tanpa partai

  • (Scattschneider, 1942)

Partai adalah struktur perantara utama  antara masyarakat dan pemerintah

  • (Giovanni Sartori, 1976)

Tidak ada demokrasi tanpa politik, dan tidak ada politik tanpa partai

  • (Clinton Rossiter, 1960)

Partai dianggap memainkan peranan menyeluruh,  baik sebelum dan sesudah pemilu

  • (Hans Dieter et al, 2000: 392)

Dalam teori demokrasi modern, partai politik dipandang sebagai sarana kelembagaan utama untuk menjembatani hubungan antara masyarakat dengan pemerintah

  • Anonim

Dalam sistem demokrasi, warga negara melakukan partisipasi dan melakukan kegiatan politik mereka melalui partai politik seperti dipilih dan memilih dalam pemilu. Adanya suatu partai politik menjadi instrumen dimana rakyat dapat berpartisipasi dalam pemerintahan.

Baca Juga  5 Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin dari Penjajahan Spanyol

Definisi Partai Politik

Partai politik adalah organisasi penghubung yang terdiri dari pelaku-pelaku politik yang aktifdalammasyarakat, yang memusatkan perhatiannya dalam pengendalian kekuasaan pemerintahan dan bersaing untuk memperoleh dukungan rakyat, dengan beberapa kelompok lain yang mempunyai pandangan yang berbeda-beda.-

  • Sigmun Neuwman

Partai politik adalah organisasi penghubung yang terdiri dari pelaku-pelaku politik yang aktif dalam masyarakat, yang memusatkan perhatiannya dalam pengendalian kekuasaan pemerintahan dan bersaing untuk memperoleh dukungan rakyat, dengan beberapa kelompok lain yang mempunyai pandangan yang berbeda-beda.

  • Carl J. Fredrich

Partai politik merupakan suatu kelompok yang terorganisir yang anggota-anggotanya mempunyai orientasi, nilai-nilai dan cita-cita yang sama dengan tujuan memperoleh kekuasaan politik merebut kedudukan politik untuk dapat melaksanakan programnya.

  • Miriam Budiarjo

Dari bebebrapa penjelasan mengenai definisi partai politik yang telah dikemukakan oleh beberapa tokoh diatas. Maka, dapat disimpulkan bahwa partai politik adalah suatu kelompok/organisasi yang terkoordinir dan anggotanya memiliki orientasi, nilai dan cita-cita yang sama dan memiliki tujuan untuk memperoleh kekuasaan politik dan mendapatkan kursi di pemerintahan melalui proses pemilu.

Ciri Suatu Organisasi Dapat Dikategorikan Menjadi Parpol

Pengertian Partai Politik Beserta Definisi Partai Politik
Ilustrasi daftar partai politik di Turki, kira-kira seberapa lama ya AKP dapat mempertahankan hagemoninya? apakah ada tokoh baru yang dapat menggantikan Erdogan di masa depan? (Sumber: 123RF.com)

1. Organisasi Jangka Panjang

Partai politik dibentuk tidak hanya bergantung pada pendirinya, perlu ada mekanisma suksesi untuk jangka panjang.

2. Struktur Organisasi

Sama seperti organisasi lainnya, perlu adanya susunan organisasi di partai politik. Dengan adanya susunan organisasi, partai politik dapat menjalankan fungsinya. Susunan organisasi baik lokal dan nasional dengan adanya pola interaksi yang teratur antar keduanya. Sehingga, dapat menjamin aliran informasi antar atas-bawah dan sebaliknya.

3. Memiliki Tujuan Berkuasa

Parpol dibentuk untuk bertujuan mendapatkan dan mempertahankan kekuasaan, baik skala lokal maupun nasional. Dengan adanya dukungan yang luas dari masyarakat, menjadi legitimasi dan cara bagi parpol untuk berkuasa.

Baca Juga  Asal-Usul Terbentuknya Partai Politik

 

Partai Politik, Pengertian dan Definisi

Share this article

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply