5 Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin dari Penjajahan Spanyol

Alifmiqbal

Alifmiqbal

Content Writer

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin, wilayah jajahan Spanyol di Amerika
Wilayah jajahan Spanyol (merah) di Benua Amerika (Sumber: Wikipedia)

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin – Awal tahun 1800-an, Spanyol menguasai sebagian besar wilayah jajahan di “dunia baru” Benua Amerika. Namun, wilayah jajahan yang begitu luas di daratan Benua Amerika semuanya hilang pada tahun 1825 melalui perang dan pergolakan berdarah oleh penduduk setempat yang menginginkan kemerdekaan bagi negaranya. Negara-negara di benua Amerika khususnya di Amerika Latin yang telah lama di jajah oleh Spanyol akhirnya memperoleh kemerdekannya. Para Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin dari cengkeraman penjajahan Spanyol mendapat julukan “The Liberator” atau juga “Libertadores” yang sama-sama memiliki arti sebagai “Sang Pembebas”.

Lalu, siapa saja Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin yang memimpin perjuangan kemerdekaan rakyat dari negara-negara disana? berikut adalah daftar beberapa tokoh tersebut.

1. Simón Bolívar (1783-1830)

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin, Simon Bolivar
Lukisan Simon Bolivar (sumber: Britannica)

Tidak dapat diragukan lagi jika Simon Bolivar berada di tempat pertama dalam daftar tokoh penting pembebas Amerika Latin. Ia dijuluki sebagai The Liberator (Sang Pembebas) terbesar karena perannya yang besar dalam perjuangan negara-negara Amerika Latin saat berperang melawan penjajah Spanyol. Sebagai seorang jenderal, Bolivar mengomandoi perang kemerdekaan yang tak terhitung jumlahnya dari Venezuela hingga Peru dan mencetak kemenangan penting melawan penjajah Spanyol.

Negara-negara yang berhasil ia bebaskan adalah, Venezuela, Bolivia, Kolombia, Ekuador, Panama dan Peru. Selama beberapa tahun, ia merupakan Presiden dari negara federasi Kolombia Raya yang mencakup wilayah, Venezuela, Kolombia, Panama, dan Ekuador.

2. Bernardo O’Higgins (1778-1842)

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin, Bernardo
Lukisan Bernardo O’Higgins (sumber: wikipedia)

Bernardo O’Higgins, adalah tokoh penting penting pembebas Amerika Latin lainnya yang memiliki peran penting dalam kemerdekaan negara Chili. Perjuangan O’Higgins, dimulai pada tahun 1810 saat ia bergabung dengan para pemberontak nasionalis Chili melawan penjajah Spanyol. Setelah serangkaian perang yang sempat diwarnai kekalahan melawan Spanyol, pada tahun 1817 atas bantuan Jenderal Argentina José de San Martín ia dan pasukannya berhasil mengalahkan Spanyol. Kemenangan tersebut membuat Chili menjadi negara merdeka dan lepas dari penjajahan Spanyol dan membuat O’Higgins menjadi pemimpin tertinggi Chili pada saat itu.

Baca Juga  Pengertian Partai Politik Beserta Definisi Partai Politik

3. Francisco de Miranda (1750-1816)

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin, Fransisco
Lukisan Fransiscon de Miranda (sumber: wikipedia)
Jauh sebelum pergerakan kemerdekaan dari Simon Bolivar, Fransiscon de Miranda sudah mengawalinya terlebih dahulu. Ia dikenal sebagai “revolusioner Venezuela” yang membantu membuka jalan bagi kemerdekaan negara-negara Amerika Latin. Rencananya sendiri untuk menggerakan perjuangan kemerdekaan negara-negara Amerika Latin dengan bantuan kekuatan Eropa lainnya gagal. Tetapi, ia tetap dikenal sebagai El Precursor (pendahulu) bagi para tokoh pembebas Amerika Latin lainnya seperti Bolivar.

4. Jose Miguel Carrera (1725-1821)

Tokoh Penting Pembebas Amerika Latin, Jose Miguel
Lukisan Jose Miguel Carrera (sumber: wikipedia)

Jose Miguel Carrera, adalah tokoh yang dianggap memiliki peran penting dalam perjuangan kemerdekaan negara Chili. Ia merupakan putra dari keluarga yang cukup berpengaruh di Chili. Pada kudeta tahun 1811, ia Carrera menempatkan dirinya sebagai sebagai pemimpin tertinggi Chili. Namun, karena konflik internal yang terjadi pada masa pemerintahannya, membuat Chili kembali ditaklukan Spanyol yang membuat dirinya diasingkan.

Di pengasingan, dia mencoba melakukan gerakan operasi militer melawan kekuatan militer pro Jenderal San Martin di Argentina dan mengalami kekalahan dalam operasi tersebut yang membuat dirinya ditangkap dan di eksekusi.

5. José de San Martín (1778-1850)

okoh Penting Pembebas Amerika Latin, Jose de san martin
Lukisan Jose de San Martin (sumber: wikipedia)

Jose de San Martin adalah seorang perwira tentara Spanyol yang membelot untuk membantu perjuangan kemerdekaan negara asalnya, Argentina.

Jose de San Martin lahir di Argentina tetapi pindah ke Spanyol saat ia masih berusia dini. Ia bergabung menjadi perwira tentara Spnayol hingga mencapai pangkat Ajudan Jenderal. Saat Argentina bangkit dalam pemberontakan kemerdekaan, ia mengikuti kata hatinya untuk membantu perjuangan rakyat tanah kelahirannya dan membuat karier militernya yang tampak menjanjikan. Ia membantu perjuangan kemerdekaan Argentina dan Chili. Setelah berhasil membebaskan Chili, ia mulai mengarahkan pergerakannya ke Peru, tetapi ia akhirnya mengurungkan niat tersebut dan membiarkan Simon Bolivar untuk menyelesaikan perjuangan pembebasan Amerika Latin.

Share this article

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply