Berdasarkan Data Statistik, Berikut Adalah 5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah

Alifmiqbal

Alifmiqbal

Content Writer

 5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Napoleon
Napoleon Bonaparte

Siapakah Jenderal terhebat dalam sejarah? seorang data analis yang bernama Ethan Arsht melalui tulisannya di platform Medium, mencoba menjawab pertanyaan tersebut menggunakan data statistik. Ia terinspirasi dari metode analisis sabermetrics dalam olahraga bisbol yang menggunakan sistem Wins Above Replacement (WAR). WAR sering digunakan dalam menganalisis dan memperkirakan kontribusi seorang pemain bisbol terhadap timnya.

Dari mana semua data ini berasal? meskipun tidak sempurna, Arsht mengkompilasikan data 3.580 jenderal dengan 6.619 pertempuran dari wikipedia. Ia kemudian menyusun daftar dari beberapa data seperti, komandan kunci (jenderal), pasukan dan tentu hasil dari pertempuran tersebut. Selanjutnya, masing-masing pasukan dikategorikan untuk menghitung masing-masing keuntungan dan kerugian numerik untuk mencerminkan kemampuan taktis masing-masing pasukan yang dpimpin seorang jenderal. Langkah terakhir adalah dengan memberikan skor WAR masing-masing jenderal untuk mengetahui jenderal manakah yang memiliki skor WAR tertinggi.

Sebagai contoh, dalam setiap pertempuran masing-masing jenderal akan menerima bobot nilai plus untuk kemenangan dan minus untuk kekalahan. Misalnya, dalam pertempuran Borodino yang mempertemukan Jenderal Napoleon dari Perancis dengan Jenderal Mikhail Kutuzov dari Rusia. Dalam model yang dirancang oleh Arsht, dalam pertempuran tersebut memberi Napoleon dengan skor 0,49 yang dapat diartikan, jenderal pengganti Napoleon memiliki kans kemenangan 50 persen untuk tetap memenangkan pertempuran tersebut. Sedangkan Kutuzov dalam pertempuran tersebut, mendapatkan skor -49 yang berarti, jenderal setelahnya memiliki kans kekalahan sebesar 51 persen.

Berikut adalah daftar 5 jenderal terhebat dalam sejarah berdasarkan data statistik melalui bobot nilai WAR masing-masing jenderal:

5. Khalid Bin Walid

 5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Khalid Bin Walid
Kaligrafi Khalid Bin Walid

Di posisi lima besar dalam jenderal terhebat dalam sejarah adalah Khalid Bin Walid, sahabat Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wassalam. Selain dikenal sebagai sahabat Nabi, beliau juga dikenal sebagai seorang jenderal perang yang hebat dengan taktik militer yang brilian.

Dibawah kepemimpinan milternya, Jazirah Arab berhasil disatukan dalam satu entitas kepercayaan dan politik dibawah kekuasaan Kekhalifahan. Meskipun pasukan muslim belum lama terbentuk, dibawah komando Khalid, pasukan muslim berhasil memenangkan banyak pertempuran melawan suku-suku Arab diluar kekuasaan Kekhalifahan dan juga berhasil memenangkan pertempuran melawan dua kekuasaan besar yaitu, Kekaisaran Byzantium dan Kekaisaran Sassaniyah.

4. Takeda Shingen

5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Tekeda
Lukisan Tekeda Shingen

Takeda Shingen adalah seorang Daimyo (tuan tanah/penguasa wilayah) pada zaman sengoku dalam sejarah Jepang. Dia dijuluki sebagai “Harimau dari Kai” pada saat bertempur dan pasukan berkuda yang dipimpin Takeda Shingen merupakan pasukan kavaleri terhebat pada zaman sengoku.

Dibawah kepemimpinannya, klan Takeda berhasil menjadi klan yang disegani diantara daimyo-daimyo lainnya. Ia berhasil memenangkan banyak pertempuran yang membuat wilayah kekuasannya bertambah luas. Dengan pengaruhnya setelah memenangkan banyak pertempuran, ia diakui sebagi salah satu pemimpin militer paling kuat di Jepang dalam sejarah.

Baca Juga  Damnatio Memoriae: Cara Bangsa Romawi Menghapus Jejak Hidup Seseorang dari Masyarakat

3. Arthur Wellesley, Duke of Wellington

Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Arthur
Lukisan Arthur Wellesley, 1st Duke of Wellington

Arthur Wellesley, adalah seseorang yang tercatat dalam sejarah bertempur dalam henti melintasi India, Spanyol, Perancis, dan Belgia selama 16 tahun. Prestasi terbaiknya adalah saat berhasil mengomandoi pasukan koalisi negara-negara Eropa dalam Pertempuran Waterloo dengan memenangkannya. Kemenangan tersebut menjadikan pertempuran terakhir bagi Napoleon dan mengakhiri kekuasaan dirinya menjadi Kaisar Perancis.

3. Julius Cesar

 Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Julius Cesar
Patung Julius Cesar

Di posisi kedua sebagai jenderal terhebat dalam sejarah adalah Julius Cesar, seorang politikus dan pemimpin militer pada masa Kekaisaran Romawi. Julius dikenal sebagi salah satu Kaisar terhebat dalam sejarah Kekaisaran Romawi, dia berhasil memperluas pengaruh Romawi melalui kampanye militernya hingga ke Eropa Barat dan Utara. Selain itu, dia juga memimpin langsung serangan pertama Romawi ke Kepulauan Britania Raya (Inggris). Skor WAR yang berhasil didapatkan oleh Julius Cesar melalui pertempuran yang dipimpin oleh dirinya adalah sebesar 7.445.

1. Napoleon Bonaparte

 5 Jenderal Terhebat dalam Sejarah, Napoleon
Lukisan Napoleon Bonaparte

Jenderal terhebat dalam sejarah berdasarkan data stastistik adalah, Napoleon Bonaparte yang mendapatkan skor WAR tertinggi yaitu 16,679 yang dikumpulkan berdasarkan seluruh pertempuran yang dimpimpinnya. Skor WAR yang cukup besar yang bahkan tidak dapat dicapai setengahnya oleh posisi kedua, Julius Cesar.

Diantara 43 pertempuran Napoleon yang ada di daftar, Napoleon berhasil memenangkannya sebanyak 38 kali dan hanya kalah sebanyak 5 kali. Berbagai pertempuran yang sulit berhasil dimenangkan oleh Napoleon yang membuktikan kehebatan taktisnya. Kampanye militer Perancis yang dipimpin oleh Napoleon membuat banyak negara-negara Eropa lainnya khawatir yang membuat, negara-negara tersebut membentuk pasukan koalisi khusus untuk membendung laju pasukan Perancis di bawah komando Napoleon.

Uniknya, ambisi Napoleon terhenti oleh Arthur Wellesley yang berada di peringkat ketiga sebagai jenderal terhebat dalam sejarah. Arthur yang saat itu memimpin pasukan koalisi negara-negara Eropa, berhasil mengalahkan Napoleon pada Pertempuran Waterloo yang merupakan pertempuran terakhir Napoleon.

Share this article

Share on facebook
Facebook
Share on twitter
Twitter
Share on linkedin
LinkedIn
Share on whatsapp
WhatsApp
Share on email
Email
Share on telegram
Telegram

Leave a Reply